10 Tokoh Matematika Dunia Terpopuler Sepanjang Sejarah

Rumus matematika - Setelah sebelumnya saya membahas mengenai pengertian matematika menurut para ahli, kali ini akan saya berikan tambahan pengetahuan bagi kalian mengenai tokoh matematika dunia terpopuler sepanjang sejarah . Ini sangat penting untuk kalian ketahui karena mereka merupakan para pelopor yang menemukan beragam operasi dan rumus matematika yang banyak sekali kegunaannya di dalam kehidupan kita saat ini. 

10 Tokoh Matematika Dunia Terpopuler Sepanjang Sejarah
Source: Google Images


Artikel ini khusus saya dedikasikan kepada mereka yang telah berjasa sangat banyak dalam dunia pendidikan. Atas teori dan landasan-landasan matematis yang mereka kemukakan, kita kini berada di zaman yang modern dengan kemajuan teknologi yang amat berkembang. Mari kita cari tahu siapa saja tokoh matematika tersebut.

10 Tokoh Matematika Dunia Terpenting Sepanjang Sejarah


Leonhard euler

Leonhard Euler telah dianggap sebagai salah satu matematikawan terbesar yang dulu ada di dunia ini. Ia tidak hanya fokus pada bidang matematika tetapi ia juga mempelajari dunia fisika. Pria yang berasal dari swiss ini merupakan orang yang berjasa dalam penemuan teori graf dan juga kalkulus. Disamping itu ia juga telah memperkenalkan banyak sekali notasi serta temonologi matematika modern. Euler juga dikenal dengan karya-karya besarnya diantaranya adalah dinamika fluida, optik, serta beberapa penemuan di bidang astronomi. Masa dewasa euler di habiskan di negeri rusia tepatnya di saint petersburg. Semasa hidupnya ia juga pernah tinggal di berlin dan prusia. Euler di sebut-sebut sebagai salah seorang matematikawan yang paling produktif dalam menghasilkan karya dan menggagas beragam teori.

Carl Friedrich Gauss

Bila leunhard euler adalah rajanya matematika, maka  carl friedrich gauss adalah orang yang disebut sebagai pangeran dalam bidang matematika. Pada usia 21 tahun gauss telah menyelesaikan sebuah buku mengenai aritmatika berjudul disquisitiones arithmeticae yang isinya sudah diakui oleh seluruh dunia. Gauss memang seorang yang sangat unik dan luar biasa, ia sekali waktu pernah melakukan perhitungan 1 sampai 100 hanya dalam beberapa detik saja. Ia dikirim oleh pemerintah untuk melaksanakan studi di gottingen, sebuah universitas matematika yang sangat diakui kebesarannya. Setelah lulus dari universitas tersebut pada tahun 1798, ia memulai karirnya di bidang matematika dengan memberi banyak kontribusi dalam hal teori bilangan. Sebelum usianya genap 24 tahun, gauss sudah mampu menghasilkan beragam karya dan pengaruh, ia pernah membuktikan teori dasar aljabar, mengemukakan teori fisika mengenai konstanta gravitasi gauss, dan berbagai karya besar lainnya. Gaus terus berkarya di bidang matematika sampai akhirnya ia meninggal di usianya yang ke-77.

G. F. Bernhard Riemann

Riemann adalah seorang dari keluarga miskin yang lahir pada tahun 1826. Meskipun keadaanya berkekurangan ia tidak pernah menyerah dan mampu membuktikan kontribusinya di dalam bidang matematika pada awal abad ke -19. Ada beragam teorema yang ia perkenalkan dan sampai sekarang masih digunakan di dalam pelajaran atau materi-materi perhitungan matematika. Diantaranya adalah riemann integral dan geometri riemann.

Euclid

Namanya yang unik menunjukan bahwa ia adalah orang yang spesial. Itu dibuktikan dengan karya-karyanya di bidang matematika. Kehidupan yang ia miliki benar-benar didedikasikan sepenuhnya unutk matematika. Wajar saja bila ia menjadi salah satu tokoh matematika terpenting yang pernah ada di muka bumi ini. Euclid sering juga disebut sebagai bapak geometri.

René descartes

Matematikawan sekaligus fisikawan ini dikenal masyarakat dunia lewat sebuah filsafat “cogito ergo sum” yang menjadikannya ornag penting dalam bidang kalkulus. Cartesian geometri adalah salah satu karya besar yang dihasilkan oleh descartes. Penemuan ini telah mengubah teknik-teknik geometri kuno yang masih menggunakan definisi harfiah. Segala jenis poin di dalam pengukuran dapat dinyatakan dalam titik pada grafik, dan grafik tersebut dapat ditarik dalam bentuk skala apapun.

Alan Turing

Bila anda sedang duduk didepan layar komputer saat ini, maka anda harus berterima kasih pada seorang bernama alan turing. Ia merupakan orang yang berperan besar dalam dunia komputer. Alan turing adalah ilmuwan komputer pertama. Semasa hidupnya ia melimpahkan pemikirannya dalam memahami bidang komputasi dan matematika. Tidak heran bila ia dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar di abad ke-20.

Leonardo Pisano Blgollo

Ia lebih dikenal dengan nama leonardo fibonacci, merupakan seorang matematikawan besar yang amat terkenal pada sekitar abad pertengahan. Ia menjadi terkenal karena penemuannya yaitu seri fibonacci.

Sir Isaac newton & Wilhelm Leibniz

Kedua orang ini berkontribusi penting di dalam bidang kalkulus modern. Leibniz sering mendapat pujian dan penghargaan karena ia memperkenalkan notasi standar modern. Mungkin salah satu yang paling kalian kenal adalah tanda integral. Sedangkan newton, adalah orang yang menjadi penemu kalkulus.

Pythagoras

Siapa yang tidak kenal nama ini? Setiap orang yang belajar matematika pasti pernah mendengar nama Pythagoras. Trigonometri dan teorema pythagoras adalah karya paling luar biasa yang ia temukan. Konsep perhitungan ini sangat sering digunakan dalam beragam perhitungan modern terutama di dalam pembangunan-pembangunan yang berpengaruh besar di abad ini. Ia merupakan orang yang mengawali fondasi matematika pembangunan di masa modern.


Itulah nama-nama tokoh matematika dunia terpopuler sepanjang sejarah yang memiliki peranan yang amat penting dalam proses perkembangan beragam teori dan konsep matematika. Mereka adalah orang-orang besar yang telah membawa kita kepada zaman dan era yang lebih maju dan modern. Tugas kita sekarang adalah mengamalkan dan memanfaatkan karya besar mereka untuk masa depan kehidupan dunia yang lebih baik.


0 komentar:

Post a Comment