Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap

Rumus matematika Rumus luas lingkaran merupakan materi yang akan kita bahas kali ini. Tidak hanya pembahasan mengenai rumus luas lingkaran, di dalam artikel ini juga akan saya berikan contoh soal mengenai lingkaran agar kalian memiliki gambaran tentang bagaimana cara menjawab soal-soal mengenai lingkaran dengan rumus-rumus yang telah diberikan. Tak lupa di akhir artikel saya juga melampirkan beberapa tips dan trik yang bisa kalian terapkan ketika mengerjakan soal mengenai lingkaran. Baiklah mari langsung saja kita pelajari rumus luas lingkaran dan contoh soalnya di bawah ini:

Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap
Source: Google Images

Contoh Soal dan Rumus Luas Lingkaran


Rumus Luas Lingkaran

Luas sebuah lingkaran dapat kita ketahui dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Luas Lingkaran  = π x jari-jari2 (π x r2)

phi (π) = 3, 14 atau 22/7
r = jari-jari = 1/2 diameter

Contoh soal mengenai luas lingkaran:


Contoh soal  1:
Diketahui ada sebuah kolam ikan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m, maka berapakah luas dari kolam ikan tersebut?

Cara menjawab:
Pertama-tama kita harus mencari tahu berapakah jari-jari dari kolam tersebut:
Jari-jari kolam = 1/2 x 56 = 28 m

Luas kolam = π x jari-jari2
Maka luas kolam = 22/7 x 28 x 28
Luas kolam = 2464m2

Contoh soal  2:
Ada sebuah taman bermain dengan bentuk setengah lingkaran. Diameter dari taman bermain tersebut adalah 42 m maka berapakah luas keseluruhan dari taman bermain tersebut?

Cara menjawab:
Cari dahulu jari-jarinya = 1/2 x 42 = 21m
Luas setengah lingkaran = 1/2 x π x jari-jari2
Luas taman bermain = 1/2 x 22/7 x 21 x 21
Luas taman bermain = 1386 / 2 = 693m2


Tips dan trik dalam menghitung rumus luas lingkaran


Pertama:
Ketika ingin menghitung rumus luas lingkaran, tentukanlah nilai phi  (π) yang sesuai dengan nilai jari-jari dari lingkaran tersebut. Misalnya, untuk menghitung jari-jari yang nilainya adalah 7 dan kelipatannya (14, 21, 28, 35, 49, dst.) Maka sebaiknya kalian menggunakan phi = 22/7. Nilai phi 22/7 juga bisa kalian gunakan dalam perhitungan jari-jari yang nilainya dalam bentuk bilangan bulat. Sedangkan untuk menghitung luas lingkaran yang jari-jarinya dinyatakan dalam bentuk desimal maka kalian lebih baik memilih phi dalam bentuk desimal juga yaitu π = 3,14. Dengan begitu akan mempermudah kalian di dalam proses penghitungan luas dari sebuah lingkaran.

Kedua:
Kalian jangan terlalu terburu-buru ketika ingin menentukan nilai r2, biarkan saja penghitungan tersebut dalam bentuk r x r siapa tahu nantinya akan ada nilai yang bisa dihilangkan atau dicoret. Misalnya ketika kalian menghitung r = 49 jangan terbuuru-buru menghitungnya menjadi r2 = 492(2401)

Ketiga:
Perhatikan baik-baik satuan panjang di alam soal tersebut. Biasanya jawaban bergantung kepada satuan panjang yang digunakan di dalam soal tersebut.



Itulah paparan mengenai rumus luas lingkaran beserta contoh soal serta tips dan trik untuk menghadapi soal-soal yang berkenaan dengan perhitungan luas lingkaran. bila kalian memperhatikan dan membaca dengan baik setiap penjelasan yang saya berikan diatas, saya yakin mulai sekarang kalian akan lebih mudah dan mahir dalam menjawab dan menghitung luas lingkaran di dalam soal-soal yang diberikan di sekolah. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.


0 komentar:

Post a Comment