Rumus Matematika Fungsi Eksponen dan Logaritma SMA Kelas 12

Rumus Matematika - Fungsi eksponen dan logaritma sebenarnya telah dipelajari pada materi pelajaran matematika untuk kelas 10 sma. Penjelasan yang akan diberikan di dalam artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai fungsi eksponen dan logaritma untuk kelas 12 SMA dengan lebih terperinci agar kalian mampu menggunakan aturan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dan mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut. Sebelum mempelajari materi ini sebaiknya kalian telah memahami dengan baik mengenai konsep eksponen, persamaan kuadrat, penyelesaian persamaan kuadrat, serta tata cara menggambar kurva suatu persamaan kuadrat dan juga trigonometri. Bila sudah memahami keseluruhan konsep tersebut maka kalian akan lebih mudah dalam memahami pembahasan materi yang akan disampaikan di dalam artikel ini.

Fungsi Eksponen dan Logaritma
Source: Google Images


Setelah mempelajari materi ini kalian diharapkan mampu untuk menggambar grafik dan mempergunakan sifat sifat dan fungsi yang ada di dalam eksponen dan logaritma untuk memecahkan masalah. Selain itu kalian juga diharapkan untuk mampu menggunakan sifat sifat tersebut untuk menyelesaikan pertidaksamaan eksponen. Mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai eksponen dan logaritma berikut ini:

Penjelasan Materi Fungsi Eksponen dan Logaritma


Pengertian fungsi eksponen

Di dalam materi pelajaran matematika kelas 10 tentu kalian telah mempelajari konsep eksponen bentuk bilangan bulat. Sebelum mempelajari materi mengenai eksponen yang ada di dalam artikel ini maka sebaiknya kalian ingat kembali sifat bilangan berpangkat rasional. Apabila a dan b merupakan bilangan real, p dan q merupakan bilangan rasional makan hubungan yang berlaku adalah sebagai berikut:

Fungsi Eksponen dan Logaritma


Dalam materi mengenai eksponen untuk kelas 12 akan dibahas lebih mendetail mengenai perpangkatan dimana pangkatnya merupakan suatu fungsi. Bentuk perpangkatan tersebut disebut dengan fungsi eksponen.

Fungsi eksponen memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari hari sebagai contoh fungsi ini digunakan dalam proses peluruhan radioactive, proses pertumbuhan tanaman, serta konsep perhitungan bunga tabungan yang ada di bank dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Persamaan fungsi eksponen dan penerapannya

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma



Demikianlah pembahasan mengenai fungsi eksponen dan logaritma yang bisa saya jelaskan untuk siswa SMA kelas 12 semoga penjelasan diatas dapat anda pahami dengan baik sehingga kalian mampu menjawab soal soal yang berkenaan dengan fungsi eksponen dan logaritma dengan lebih lancar dan mudah.


2 komentar:

Priambudi Sutanto said...

Terimakasih banyaak, sangat membantu :)

حنيفة نهر زكية said...

شكرا كثيرا

Post a Comment