Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap


Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap - Jika pada postingan sebelumnya kita bersama-sama mempelajari cara menghitung rumus luas dan keliling trapesium, maka materi yang sekarang akan dibahas adalah tentang cara menghitung rumus luas dan keliling dari jajar genjang. Jajr genjang atau biasa disebut juga sebagai jajaran genjang adalah bangun datar yang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing-masing sejajar dan sana panjang dengan pasangannya. Jajar genjang juga memiliki dua pasang sudut dimana sudut-sudut tersebut bukanlah sudut siku-siku. Karena apabila sudutnya siku-siku, bangun datar tersebut akan berubah menjadi persegi atau persegi panjang. Besar sudut yang saling berhadapan pada jajar genjang memiliki ukuran yang sama besar. Agar lebih jelas, perhatikan gambar jajar genjang di bawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap
Source: Google Images


Rumus matematika kali ini akan mencoba mengajarkan kepada kalian mengenai rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung luas ataupun keliling dari sebuah jajaran genjang. Oleh karenanya, kalian harus menyimak dengan baik penjelasan yang saya berikan. Di akhir artikel juga saya berikan beberapa contoh soal untuk memperdalam pemahaman kalian mengenai cara menghitung rumus luas dan keliling jajar genjang.


Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang , Contoh Soal dan Pembahasannya

Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung luas dan keliling jajaran genjang adalah:

Luas = alas × tinggi

Keliling = 2.alas + 2. sisi miring
Keliling = 2 ( alas + sisi miring )

Perhatikan cara penggunaan kedua rumus tersebut dalam soal-soal berikut ini:
 

Contoh Soal 1

Sebuah jajar genjang diketahui memiliki luas 350 cm2. Apabila panjang alas dari jajargenjang tersebut adalah  7x dan tingginya adalah 5x, maka tentukanlah nilai x, panjang alas, serta tinggi dari jajar genjang tersebut.

Penyelesaian:
Untuk mengetahui nilai x maka kita harus menggunakan rumus luas jajar genjang:

Luas = alas x tinggi
350 cm2 = (7x) x (5x)
350 cm2 = 35x
X = 10 cm

Setelah nilai x diketahui, maka panjang alas dan tinggi jajar genjang dapat diketahui:
Panjang alas jajar genjang = 7x
Panjang alas jajar genjang = 7 x 10 cm
Panjang alas jajar genjang = 70 cm

Tinggi jajar genjang = 2x
Tinggi jajar genjang = 2 x 10 cm
Tinggi jajar genjang = 20 cm


Contoh Soal 2

Diketahui sebuah jajar genjang KLMN dengan KL = 24 cm dan KL : LM = 4 : 3. Apabila tingi dari jajar genjang tersebut adalah 6 cm maka berapakah kelilingnya?

Penyelesaian:
Untuk mengetahui keliling dari jajar genjang KLMN, maka  terlebih dahulu kita harus mencari panjang LM dengan menggunakan konsep perbandingan::

KL : LM = 4 : 3
24 cm : LM = 4 : 3
LM = ¾ (24 cm)
LM = ¾ (24cm)
LM = 18 cm

Setelah mengetahui panjang LM barulah kita bisa mengetahui keliling dari jajar genjang tersebut:
keliling = 2 (KL+LM)
keliling = 2 (24 cm + 18 cm)
keliling = 2 (42 cm)
keliling = 84 cm


Sekian pembahasan materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang yang dapat saya berikan. Selamat belajar dan semoga materi ini dapat membantu kalian dalam memahami lebih jauh tentang rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang.



0 komentar:

Post a Comment