Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok SD Kelas 5


Rumus Volume Kubus dan Balok - Bagaimanakah cara mencari volume kubus dan balok? mungkin itu adalah pertanyaan yang adad di kepala kalian saat ini. beruntung sekali kalian bisa menemukan materi tentang pembahasan rumus volume kubus dan balok yang ada di blog ini. Di dalam artikel ini kalian akan belajar mengenai rumus apa saja yang bisa digunakan untuk mengetahui volume dari sebuah kubus ataupun balok. Tapi sebelumnya ada baiknya kalian menyimak Cara Menghitung Rumus Luas Persegi Panjang . Setelah kalian mempelajari rumusnya, kalian bisa mempelajari cara menggunakan rumus tersebut melalui contoh-contoh soal dan pembahasan yang diberikan. baiklah, tak perlu berlama-lama mari kita pelajari bersama materi pelajaran matematika kelas 5 SD mengenai volume kubus dan balok berikut ini:

 

Rumus Cara Mencari Volume Kubus dan Balok


Rumus Volume Kubus

Tentu kalian semua sudah tahu bahwa kubus termasuk ke dalam bentuk bangun ruang khusus karena setiap sisi atau rusuknya memiliki ukuran yang sama panjang. Di dalam rumus volume kubus kita tidak akan menemukan istilah panjang, lebar, ataupun tinggi kita hanya akan menggunakan istilah rusuk atau sisi (s). Mari kita simak contoh gambar sebuah kubus berikut ini:

Cara Menghitung rumus volume kubus dan balok SD Kelas 5


Untuk mencari volume dari kubus seperti pada gambar di atas, kita bisa menggunakan rumus volume kubus berikut ini:

Volume Kubus = rusuk x rusuk x rusuk
V = s.s.s
V = S3

Dari konsep rumus volume kubus ini kita nantinya bisa mengetahui konsep rumus balok. Untuk memahaminya dengan lebih mudah, mari kita simak cara penggunaan rumus tersebut dalam contoh-contoh soal di bawah ini:

Contoh Soal 1
Diketahui panjang salah satu sisi dari sebuah kubus adalah 4cm. Maka berapakah volume dari kubus tersebut?

Jawab:
V = sisi x sisi x sisi
V = 4cm x 4cm x 4cm
V = 64cm3


Rumus Volume Balok

Balok Sebenarnya sangat mirip dengan kubus namun rusuk-rusuk yang ada pada kubus memiliki ukuran yang berbeda. Oleh karena itu, pada rumus volume kubus kita akan menggunakan istilah panjang lebar dan tinggi. Simak gambar balok di bawah ini:

Cara Menghitung rumus volume kubus dan balok SD Kelas 5

Volume sebuah balok bisa diketahui dengan cara menghitung luas alas dari balok tersebut lalu dikalikan dengan tingginya. Karena bentuk alas dari sebuah balok adalah persegi panjang, maka untuk mencari luas alasnya digunakan rumus:

Luas Alas Balok = Panjang X Lebar
Luas Alas Balok = p x l

maka kemudian rumus volume balok menjadi seperti ini:

Volume Balok = Luas Alas X Tinggi
Volume Balok = Panjang x Lebar x Tinggi
Volume Balok = p x l x t

Mari kita coba perhatikan penggunaan rumus tersebut pada contoh soal berikut ini:

Contoh Soal 2
Sebuah kolam renang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut 350cm, 500cm, dan 230cm. maka berapakah volume dari kolam renang tersebut?

Jawab:
V = p x l x t
V = 350cm x 500cm x 230 cm
V = 40250000 cm3


Contoh Soal dan Pembahasan Tentang Volume Kubus dan Balok: 

 

Contoh Soal 3

Coba kalian perhatikan gambar berikut ini:

Cara Menghitung rumus volume kubus dan balok SD Kelas 5


Pada gambar di atas terdapat sebuah balok yang diatasnya terletak sebuah kubus. Apabila balok tersebut memiliki panjang 10 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 4 cm. Hitunglah volume dari balok tersebut dan juga volume kubus yang ada di atasnya!

Jawab:
Pertama-tama kita harus mencari volume dari balok terlebih dahulu.

V = p x l x t
V = 10 cm x 3 cm x 4 cm
V = 120 cm3

Kemudian kita hitung volume kubusnya. Lihatlah posisi kubus diatas, panjang sisinya sama dengan lebar balok. Maka panjang sisi kubus tersebut adalah 3cm.

V = s x s x s
V = 3 x 3 x 3
V = 27cm3

Maka, volume keseluruhan dari bangun ruang di atas adalah: 120 + 27 = 147cm3

 

Demikian postingan rumus matematika kali ini tentang cara menghitung rumus volume kubus dan balok. Pelajari rumus dan contoh soal yang diberikan agar kalian bisa menguasai materi mengenai cara menghitung volume kubus dan balok yang sudah saya jelaskan di atas.




2 komentar:

calvin leonard said...

sangat bermanfaat:)

Ender Craft said...

Makasih Coy :v

Post a Comment