Contoh Soal Cerita KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) Matematika

Contoh Soal Cerita KPKSebelum berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di dalam postingan ini, tidak ada salahnya apabila kalian mempelajari terlebih dahulu materi mengenai Cara Mencari KPK dan FPB . Jika sudah memahami materi tersebut dengan baik, maka kalian akan lebih mudah dalam menyelesaikan beberapa contoh soal cerita mengenai Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) yang akan diberikan oleh Rumus Matematika Dasar di bawah ini. Soal mengenai KPK seringkali muncul di dalam ujian nasional dan akan lebih sulit apabila soal tersebut disajikan dalam bentuk soal cerita. Oleh karena itu, kalian harus banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal cerita yang berkaitan dengan materi pelajaran matematika mengenai KPK. 

Contoh Soal Cerita KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) Matematika

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh soal yang dapat kalian pergunakan untuk memperdalam pemahaman kalian mengenai KPK. Di dalam mengerjakan soal cerita, hal terpenting yang harus selalu kalian perhatikan adalah angka-angka atau nilai yang terkandung di dalam soal tersebut. Kalian harus membaca dengan baik setiap soal yang diberikan, sehingga kalian bisa menjawab dengan baik dan benar. Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia contoh soalnya:


Kumpulan Contoh Soal Cerita Matematika Mengenai KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)


Soal 1
Ahmad, Gilang, dan Amir sama-sama mengalami sakit flu. Akan tetapi, jadwal minum obat mereka berbeda dikarenakan kondisi tubuh. Ahmad meminum obat secara rutin setiap 8 jam sekali, Gilang meminum obat setiap 6 jam sekali, sedangkan Amir meminum obat setiap 4 jam sekali. Apabila sekarang mereka meminum obat secara bersamaan, maka ketiganya akan meminum obat secara bersama-sama lagi setelah berapa jam?

Soal 2
Toko Bu Darmi dikunjungi pemasok Gula setiap 15 hari, pemasok Tepung Terigu setiap 8 hari, dan pemasok Mentega setiap 30 hari. Jika pemasok tersebut dating bersamaan pada tanggal 14 Februari 2015, maka mereka akan dating bersamaan ke toko Bu Darmi lagi pada tanggal ….

Soal 3
Untuk menjaga keawetan mesin mobil, maka harus dilakukan beberapa perawatan. Ban mobil harus diganti setiap 15 bulan sekali, Oli mesin harus diganti setiap 3 bulan sekali, sedangkan busi mobil harus diganti harus diganti setiap satu tahun sekali. Apabila ban, oli, dan busi mobil diganti secara bersamaan pada tanggal 17 agustus, maka pada tanggal berapakah ketiga komponen mobil tersebut akan diganti lagi secara bersamaan?

Soal 4
Bus Lorena berangkat dari Jakarta ke Bandung setiap 15 menit sekali, sedangkan Bus Handoyo berangkat dari Jakarta ke Bandung setiap 30 menit sekali. Apabila kedua bus tersebut berangkat bersamaan dari Jakarta pada pukul 09.00. Pada pukul berapakah kedua bus tersebut bisa berangkat bersamaan lagi dari Jakarta untuk kedua kalinya?

Soal 5
Petugas ronda yang ada di RT 1 wajib memukul kentongan setiap 15 menit dan sedangkan petugas ronda yang ada di RT 2 selalu memukul kentongan setiap 14 menit. Apabila pada pukul 22.00 mereka memukul kentongan bersamaan. Maka pada pukul berapakah mereka akan memukul kentongan secara bersamaan lagi?

Soal 6
Pak Wayan rutin pergi memancing setiap 16 hari sekali, Pak Asep pergi memancing setiap sebulan sekali, sedangkan Pak Tarno selalu pergi memancing setiap 24 hari sekali. Apabila hari ini mereka bertiga berangkat bersama-sama untuk memancing, mereka akan bias pergi memancing bersama lagi setelah …. hari kemudian.

Soal 7
Pak Tarman mempunyai 2 bidang tanah. Bidang tanah yang pertama ia tanami rambutan, sementara bidang tanah yang kedua ia tanami dengan pohon manga. Pak Tarman memanen rambutan setiap 4 bulan dan memanen manga setiap 3 bulan. Apabila sekarang pak Tarman dapat memanen Rambutan dan Mangga secara bersamaan, maka pak Tarman bisa memanen kedua buah tersebut secara bersamaan lagi setelah …. hari.


Kalian bisa menggunakan ketujuh Contoh Soal Cerita KPK yang sudah diberikan di atas untuk berlatih mengerjakan soal-soal dalam menghadapi ulangan harian ataupun ujian nasional. Semoga dengan rajin berlatih kalian bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan pada saat ulangan ataupun ujian dengan lebih mudah dan cepat.


0 komentar:

Post a Comment