Cara Menghitung Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang

Cara Mencari Tinggi Jajar Genjang - Di dalam pembahasan materi Rumus Matematika Dasar sebelumnya, telah dijelaskan mengenai Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Jajar Genjang Lengkap. Apabila kalian telah memahami materi tersebut dengan baik, tentu kalian akan bisa dengan mudah memahami materi yang akan di jelaskan di dalam artikel ini yaitu mengenai bagaimana cara mencari tinggi dari sebuah jajar genjang apabila telah diketahui luasnya.

Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang

Apabila kalian telah membaca artikel saya sebelumnya mengenai rumus luas dan keliling jajar genjang kalian akan mengerti bahwa untuk mengetahui luas dari sebuah jajar genjang kita dapat mengetahuinya dengan cara mengalikan tinggi dengan panjang alas dari jajar genjang tersebut. Mari kita lihat kembali rumus luas jajar genjang di bawah ini:


L = a x t

dengan sedikit memutar rumus tersebut maka kita bisa mencari tinggi dari sebuah jajar genjang yang telah diketahui luasnya. caranya adalah dengan membagi luas jajar genjang dengan panjang alas yang diketahui. bila dirumuskan maka akan menjadi seperti di bawah ini:

t = L/a


mari kita amati bersama bagaimana menggunakan rumus-rumus tersebut untuk menyelesaikan contoh soal seperti berikut ini:


Soal 1
diketahui luas dari sebuah jajar genjang adalah 150 cm2. apabila panjang alas dari jajar genjang tersebut adalah 30 cm, berapakah tingginya?

Penyelesaian:

Diketahui: 
Luas = 150 cm2
Panjang alas = 30 cm

Ditanyakan: t = ....?

Jawab:
L = a x t
t = L/a

t = 150/30
t = 5 cm

maka, tinggi dari jajar genjang itu adalah 5 cm.


Soal 2
Sebuah jajar genjang memiliki luas 2400 cm2. apabila tinggi dan panjang alas dari jajar genjang tersebut berturut-turut adalah 4x dan 6x, maka hitunglah:

a. nilai x
b. panjang alas dan tinggi sebenarnya dari jajar genjang itu

Penyelesaian:

Diketahui:
Luas = 2400 cm2
Panjang Alas = 6x
tinggi = 4x

Ditanyakan:
a. x = ....?
b. a = ....cm? dan t = ...cm?

Jawab:
L = a x t

2400 cm2 = 6x cm x 4x cm
2400 cm2 = 24x2 cm2
x2 = 2400/24
x2 = 100
x = 10

Panjang alas = 6x = 6 x 10 = 60 cm
Tinggi = 4x = 4 x 10 = 40 cm


Demikianlah pembahasan dan contoh soal mengenai Cara Menghitung Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang. Semoga kalian semua bisa memahaminya dengan baik. Mohon maaf apabila di dalam penyampaian materi ini terdapat kata-kata atau hasil perhitungan yang salah. Kami dengan senang hati selalu menerima kritik dan saran dari anda semua. Terima kasih dan sampai berjumpa lagi dalam materi-materi matematika selanjutnya.


0 komentar:

Post a Comment